Translate

Kamis, 29 September 2011

MANAJEMEN INFORMATIKA - DIPLOMA I (D1)


MANAJEMEN INFORMATIKA - DIPLOMA I (D1)

a.   PENDIDIKAN AGAMA
TUJUAN. Agar mahsiswa mempunyai tingkah laku yang baik sesuai dengan ajaran agama masing-masing dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai profesinya masing-masing.
SILABUS SINGKAT.
Agama Islam : Apakah manusia itu ? keseimbangan antara jasmani dan rohani pada manusia. Hubungan manusia dengan sang pencipta / Allah SWT. Hubungan manusia dengan diri dan sesamanya, mahkluk lain dalam alam semesta. Tugas manusia di alam semesta yang diRidhoi Allah SWT. Hubungan antar Iman, Ilmu dan Amal Sholeh.
Agama Kristen : manusia bertanggung jawab, Studi di perguruan tinggi. Apakah waktu itu ? Watak seorang mahasiswa. Cara belajar, berkuliah, membaca, membuat ringkasan, menghafal. Iman dan Ilmu pengetahuan. Kejadian alam semesta
Agama Katholik :  Allah di dunia adalah kristus. Kristus di dunia adalah gereja. Gereja di dunia adalah kita. Rencana Allah. Penciptaan. Doa dan penebus. Gereja panggilannya. Kerasulan gerja dan teknik modern. Berjalan dengan Tuhan.
Agama Hindu/Budha : Catur paramita. Panca/attha/dasasila. Sadoparamita. Nirvana (Budha) trikaya ptrarisudha. Tririna. Triguna. Catur paramita. Pancayana/Niyama.
PUSTAKA. Djohan effendi Cs., Agama Dalam Pembangunan Nasional, Pustaka biru, Jakarta, 1981. Mudlor Achmad, etika dalam Islam, Al-Ikhlas, Surabaya, 1970. H. Sulaiman Rasid, Fiqh Islam, kurnia Esa, Jakarta 1984. maulana Ilyas Zakariya rah.a, kitab Fadhail Amal, India, 2003.

b.    PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
TUJUAN. Agar mahasiswa mempunyai pengertian dan kesadaran HANKAMNAS di lingungan mereka, dan diharapkan mahasiswa mempunyai pengetahuan untuk bersifat kritis dan efektif guna dapat menghadapi dan mengetahui masalah yang ada hubungannya dengan ketahanan Nasional. Mahasiswa mempunyai gambaran mengenai kedudukan dalam politik, negara dan berwawasan kebangsaan, Nasionalisme.
SILABUS SINGKAT. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik Strategi nasional, Politik Strategis HANKAMNAS, Nasionalisme dan semangat Reformasi di segala bidang.
PUSTAKA. Lemhanas : Kewiraan untuk Mahasiswa, PT. Gramedia, Jakarta.
Ketetapan-ketetapan MPR-RI, UUD 1945 Amandemen

c.    BAHASA INGGRIS I
TUJUAN.  Agar Mahasiswa dapat memahami dan mempelajari kalimat dalam bentuk textbook dan berbahasa Inggris dengan lancar. Kalimat yang tercantum dalam textbook, memahami kalimat yang lebih kompleks, mengembangkan kemampuan membaca dan memahami textbook berbahasa Inggris, mengembangkan kemampuan menterjemahkan
SILABUS SINGKAT. Words, pronounciantion, tenses, active dan passive voice, argument verbals, (gerund, infinite, participle) dan clauses (nouns, adjectives, adverbs, conditional), vocabulary, reading, passage, grammar, penguasaan 1000 vocabulary
PUSTAKA.  John C. keegel, the Language of computer programming in english, regent pub. Co. new york, 1976. George, curme, english grammar, Barnes & Noble, New york, 1965. Hubert L. dreyfus, What Computers Can’t Do, Harper & Row, New York, 1979., John Suryadi Hartanto, Tata Bahasa Inggris.

d.  BAHASA INGGRIS II
TUJUAN. Agar Mahasiswa dapat memahami dan mempelajari kalimat textbook yang berbahasa Inggris dengan lancar, serta memahami kalimat yang lebih kompleks.
SILABUS SINGKAT. Words, Pronountiation, tenses, active & passive voice, argument, verbals dan clause lanjutan . vocabulary, reading, passage.
PUSTAKA.  John C. keegel, the Language of computer programming in english, regent pub. Co. new york, 1976. George, curme, english grammar, Barnes & Noble, New york, 1965. Hubert L. dreyfus, What Computers Can’t Do, Harper & Row, New York, 1979., Marecella Frank, Modern English.

e.  PAKET PROGRAM NIAGA I
TUJUAN. Agar mahasiswa dapat memahami dan mempunyai keterampilan mengoperasikan paket Pengolah Kata serta dapat memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan word processor (software pengolah kata)
SILABUS SINGKAT. Menulis dan menjalankan pengolah kata untuk pembuatan Surat, Laporan, Tabel, Mail Merge, Mencetak Dokumen Tunggal, Mencetak Dokumen Majemuk (Mail Merge). Bekerja dengan menu dan shortcut. Eksploitasi Program Word Processor.
PUSTAKA. Microsoft Windows 2000Pedoman Praktikum Microsoft Windows XP Profesional, Yrama Widya, Bandung, 2005, Secepat dan Semudah Kursus Kilat, Jakarta, 2000.Microsoff Office 2003, Microsoft, New York, 2003.

f.   PAKET PROGRAM NIAGA II
TUJUAN. Agar mahasiswa dapat memahami dan mempunyai keterampilan mengoperasikan Paket Spread Sheet serta dapat memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan SpreadSheet (Lembar Kerja Elektronik)
SILABUS SINGKAT. Menulis dan menjalankan spreadsheet untuk pembuatan Daftar Gaji, Daftar Penjualan, Laporan-Laporan, Mencetak Lembar Kerja, Menggunakan Fungsi-Fungsi (Logika, Matematika, Database dsb). Bekerja dengan menu. Eksploitasi Program SpreadSheet.
PUSTAKA. Pedoman Praktikum Microsoft Windows XP Profesional, Yrama Widya, Bandung, 2005, Microsoff Office 2003, Microsoft, New York, 2003.

g.   PENGENALAN PENGELOLAAN DATA ELEKTRONIK
TUJUAN. Agar mahasiswa mengetahui dasar-dasar pengetahuan komputerisasi terkait dengan manajemen informatika.
SILABUS SINGKAT. Perangkat Hardware, Perangkat software, Brainware, Jaringan Komputer, Server, LAN, Pemetaan Jaringan.
PUSTAKA. Diktat matakuliah PPDE, Universitas Budi Luhur, Jakarta, 2000. LAN, Jogiyanto, Yogyakarta, 1987. Si UPIK, Jakarta, 1999. Jogiyanto HM., Pengenalan Komputer.Wing Wahyu Winarno, Mengenal Komputer.

h.   AKUNTANSI
TUJUAN. Agar mahasiswa mempunyai pengetahuan mengenai pos neraca secara keseluruhan, pos rugi laba sesuai prinsip akuntansi dan peraturan pajak pendapatan, mampu menyusun dan membuat laporan keuangan sederhana dan menjelaskan prinsip-prinsip: Investasi, hutang, modal dan sebagainya.
PUSTAKA. Jay M. Smith & K. Fred Skousen, Akunting Lanjutan 1 dan 2, Erlangga, Jakarta. Al Haryono Yusuf, Dasar-dasar Akuntansi. Zaki Baridwan, Pengantar Akuntansi Keuangan.

i.    APLIKASI PERKANTORAN I
TUJUAN. Agar mahasiswa dapat memahami dan terampil menggunakan paket pengolah database, serta dapat menggunakan aplikasi pengolah database (Microsoft Acces) untuk pengolahan data karyawan, data penjualan dan lainnya dengan optimal.
SILABUS SINGKAT. Operating System, membuat database, membuat tabel, membuat query, membuat form, membuat menu integrasi antar form, pencarian data, filtering database, membuat laporan dengan manual report dan report wizard.
PUSTAKA. Pedoman Praktikum Microsoft Windows XP Profesional, Yrama Widya, Bandung, 2005.Microsoft Office 2000, New York, 2000. Budi Permana, Microsoft Access 2000.

j.    APLIKASI PERKANTORAN II
TUJUAN.  Agar mahasiswa dapat memahami dan terampil menggunakan paket presentasi dan aplikasinya.
SILABUS SINGKAT. Membuat Halaman Presentasi, Membuat/Memberikan Animasi Gambar, Membuat/Memberikan Animasi Suara, Membuat Setup Presentasi, Kolaborasi dengan Paket Pengolah Kata dan SpreadSheet
PUSTAKA. Pedoman Praktikum Microsoft Windows XP Profesional, Yrama Widya, Bandung, 2005. Microsoft Office 2000, New York, 2000. Peter Aiken, Microsoft Windows NT. Abdul Razaq, Penuntun Praktis Microsoft Office XP.

k.    PENGANTAR MANAJEMEN
TUJUAN. Membahas mengenai fungsi dan prinsip dasar Manajemen. Memberikan pengetahuan dan pengertian tentang fungsi dan prinsip manajemen yang dapat digunakan sebagai dasar penyusunan manajemen secara umum
SILABUS SINGKAT. Latar belakang/pengenalan manajemen, kepemimpinan dan manajemen, Perencanaan dan Pengambilan keputusan, Pengorganisasian, pemanfaatan sumber daya keuangan, manusia dan alam. Motivasi dan komunikasi.
PUSTAKA. Stoner, James & Arthur Funch, Manajemen, New Jersey, Pretiece Hall int, 1982. Handoko, T. hani, Manajemen, edisi II, Yogyakarta.  Drucker, Peter F. terjemahan Rochmulyati hamzah, Pengantar manajemen, Presindo, Jakarta.

l.    MANAJEMEN KEARSIPAN
TUJUAN. Agar mahasiswa mampu membuat pengarsipan file. Dapat memaksimalkan komputerisasi untuk manajemen Arsip.
SILABUS SINGKAT. Latar belakang/ pengenalan manajemen KEARSIPAN,  Perencanaan Penyusunan  file-file arsip, Pengorganisasian, pemanfaatan sumber daya keuangan, manusia serta peralatan untuk manajemen kearsipan.
PUSTAKA. Dale D. McKonkeg, Manajemen bagi organisasi Perusahaan, Presindo, Jakarta, 1982.  T. Hani Handoko, Manjemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, 1993.

m.  KOMPUTER AKUNTANSI
TUJUAN. Agar mahasiswa mampu menerapkan teori akuntansi menggunakan komputer, mampu menangani masalah akuntansi di perusahaan jasa maupun dagang dan industri dengan basis komputer, mampu menerapkan siklus akuntansi dalam perusahaan / instansi dengan basis komputer.
SILABUS SINGKAT. System General Ledger, Payroll, Account Payable, Account Receiveble, Fixed Asset, Giro, Inventory, Audit, MYOB Accounting
PUSTAKA. Leman Eko, Sistem Komputer Akuntansi, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2000. Johar  Arifin, MYOB Accounting. Johar Arifin, Dac Easy Accounting.

n.   PENGENALAN INTERNET
TUJUAN. Agar Mahasiswa mampu menggunakan Internet untuk keperluan mencari data/informasi, dan mampu menggunakan Internet sebagai sarana komunikasi.
SILABUS SINGKAT. Connecting Internet, membuat e mail address, mengirim e mail, mengirim fax via Internet. Mencari Situs-situs. Down Load, Up Load, Data saving, Mailing List, Web Hosting.
PUSTAKA. Internet, Elex media komputindo, Jakarta, 1996. Web Design, Microsoft, New York, 1998., Mico Pardosi, Merancang WebSite Grafis dengan MS Front Page 2000, Kurweni Ukar, Microsoft Internet Explorer.

o.   DESAIN GRAFIS I
TUJUAN. Mahasiswa mampu menggunakan dan terampil dalam mendesain keperluan pada aplikasi pekerjaan yang bersifat konsumtif.
SILABUS SINGKAT. Membuat desain sticker, desain kalender, kartu nama, cover buku, undangan dan sebagainya.
PUSTAKA. CorelDraw 9, CorelDraw 11, CorelDraw 12., Microsoft Publisher 2003, Microsoft Front Page

p.   DESAIN GRAFIS II
TUJUAN. Mahasiswa mampu menggunakan dan terampil dalam mendesain dan memanipulasi objek gambar untuk keperluan pada aplikasi yang di kolborasikan.
SILABUS SINGKAT. Membuat Objek Gambar baru, Memanipulasi Gambar, Memberi Efek Objek, Animasi Gambar, Memadukan dua gambar atau lebih.
PUSTAKA. Adobe Photoshop 7, Adobe Photoshop CS, Microsoft Front Page, Macromedia Flash

Tidak ada komentar: