Translate

Jumat, 04 November 2011

Pengertian Bagian REKENING AKUNTANSI

PENGERTIAN dari BAGIAN BAGAN REKENING

Pengertian Aktiva

Aktiva adalah sumber–sumber eknomi yang dimiliki perusahaan yang biasadinyatakan dalam satuan uang

Aktiva Lancar

Aktiva lancar adalah harta yang berbentuk uang tunai maupun aktiva lainnya yang dapat ditukarkan dengan uang tunai dalam jangka satu tahun. Contohnya :
Kas
Kas adalah uang tunai (uang kertas dan uang logam) dan alat-alat pembayaran lainnya yang dapat disamakan dengan uang tunai.
Piutang
Adalah Pendapatan yang kasnya belum diterima.
Surat-Surat Berharga
Surat Berharga adalah penanaman uang kas yang sementara menganggur pada surat-surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan lain.
Persediaan
Persediaan adalah barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan, yang akan dijual kembali atau akan diproses lebih lanjut.
Pos Transitoris
Pos Transitoris adalah pengeluaran kas oleh perusahaan yang belum saatnya diakui sebagai biaya.

Pengertian Aktiva Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang adalah penanaman kas di luar perusahaan dalam jangka panjang dengan maksud untuk menguasai perusahaan lain, atau memperoleh pendapatan tetap.
Adalah aktiva – kativa yang berwujud yang sifatnya relatif permanaen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal isitlah realtif permanent menunjukkan sifat di mana aktiva yang bersangkutan dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif cukup lama. Contohnya :
Tanah
Adalah bagian dari bumi yang dikuasai  perusahaan dan digunakan  dalam kaitannya dengan pelaksanaan kegiatan normal perusahaan.
Bangunan
Adalah bangunan-bangunan yang dikuasai oleh perusahaan yang penggunaannya berkaitan dengan kegiatan normal perusahaan.
Mesin-Mesin
Adalah segenap alat yang digunakan dalam pengolahan barang yang berkaitan dengan kegiatan normal perusahaan.
Kendaraan
Adalah segala alat transportasi yang dikuasai perusahaan dan digunakan dalam rangka kegiatan normal perusahaan, sebagai pengangkut barang atau karyawan.
Alat-Alat Perkantoran
Meliputi perangkat, perabot dan perkakas perkantoran yang dikuasai perusahaan dan digunakan dalam kaitannya dengan kegiatan normal perusahaan.
Pengertian aktiva tetap tidak berwujud

Aktiva tetap tak berwujud adalah harta yang tidak memiliki bentuk tetapi sah dimiliki perusahaan dan dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Contohnya :
http://mitra-pelajar-computer.blogspot.com/2008/12/pengertian-akuntansi.html

Goodwill
Adalah semua kelebihan yang terdapat dalam suatu usaha seperti letak perusahaan yang baik, nama yang terkenal, pimpinan yang ahli dan lain-lain.
Hak Patent
Hak yang diberikan kepada pihak yang menemukan sesuatu hal baru untuk membuat, menjual atau mengawasi hasil-hasil penemuannya. (jangka waktu hak patent = 17 tahun).
Merk Dagang
Tanda yang dipakai untuk mengidentifikasikan suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu.
Leasehold
Adalah Hak dari penyewa untuk menggunakan aktiva tetap dalam suatu perjanjian sewa menyewa.

Pengertian Hutang
Hutang adalah kewajiban perusahaan pada pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang pada umumnya dalah pembayaran uang, penyerahan barang maupun jasa pada waktu-waktu tertentu.

Pengertian Hutang Lancar
Hutang lancar adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam tempo satu tahun. Contohnya :
Hutang Usaha
Adalah Kewajiban (liability) yang belum dibayarkan untuk barang atau jasa yang telah diterima dalam kegiatan usaha normal perusahaan.
Hutang Bank
Hutang Bank adalah kegiatan seseorang yang meminjam uang kepada bank untuk keperluan pribadi maupun dalam suatu usaha perusahaan.
Hutang Pajak
Hutang pajak adalah utang yang timbulnya secara khusus karena negara (kreditur) terikat dan tidak dapat memilih secara bebas siapa yang akan dijadikan debiturnya , seperti dalam hukum perdata (Hukum Privat)

Pengertian Hutang Jangka Panjang
Hutang jangka panjang adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari setahun. Contohnya :
http://mitra-pelajar-computer.blogspot.com/2008/12/pengertian-akuntansi.html
Hutang Hipotik
 Hutang yang timbul berkaitan dengan perolehan dana dari pinjaman yang dijaminkan dengan harta tetap.
Hutang Obligasi
Hutang yang timbul berkaitan dengan dana yang diperoleh melalui pengeluaran surat-surat obligasi.


Pengertian Pendapatan
Pendapatan adalah penerimaan yang timbul dari aktivitas perusahaan yang biasa dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penjualan, penghasilan bunga, deviden, royalty dan sewa. Contohnya :

Pengertian Pendapatan Usaha
Pendapatan Usaha adalah penghasilan yang diperoleh dari kegiatan pokok usaha.
Penjualan
Adalah persetujuan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli, dimana penjual menawarkan suatu produk dengan harapan pembeli dapat menyerahkan sejumlah uang sebagai alat ukur produk tersebut sebesar harga jual yang telah disepakati.
Pendapatan Jasa
Adalah nilai dari seluruh jasa yang dihasilkan suatu badan usaha dalam suatu periode tertentu.

Pengertian Pendapatan Luar Usaha
Pendapatan Luar Usaha adalah penghasilan yang diperoleh dari kegiatan luar usaha. Contohnya :
Pendapatan Biaya
Pendapatan biaya pertumbuhan / peningkatan jumlah aktiva yang timbul sebagai hasil dari kgiatan operasional prusahaan.

Pendapatan Desiden
Pengertian pendapatan deviden adalah pendapatan atau keuntungan perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham setiap tahun.

Pengertian Biaya
Biaya adalah pengorbanan ekonomis yang dibuat untuk memperoleh barang atau jasa.
Pengertian Biaya Usaha
Biaya usaha adalah pengorbanan yang berhubungan dengan operasi, yaitu semua pengeluaran yang langsung digunakan untuk produksi atau pembelian barang yang di perdagangkan termasuk biaya umum,penjualan,administrasi dan bunga pinjaman. Contohnya :
Harga Pokok Penjualan
Harga pokok penjualan atau HPP adalah istilah yang digunakan pada akuntansi keuangan dan pajak untuk menggambarkan biaya langsung yang timbul dari barang yang diproduksi dan dijual dalam kegiatan bisnis. Ini termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead dan tidak termasuk periode (operasi) biaya seperti penjualan, iklan atau riset dan pengembangan.
Biaya Administrasi
Biaya yang dikenakan terhadap masyarakat dengan jumlah dan jenis yang telah ditetapkan oleh Pemerintah/pemerintah daerah/Penjabat yang berwenang dalam suatu aturan/keputusan.
Biaya Penjualan
Biaya yang dikeluarkan oleh Wajib Pajak untuk menyalurkan barang dan/atau jasa sampai kepada pembeli dan/atau pelanggan (customer) baik langsung maupun tidak langsung, termasuk biaya pengepakan, biaya pergudangan, biaya pengamanan, dan biaya asuransi, dan biaya lainnya yang diperlukan sampai barang diterima oleh pembeli dan/atau pelanggan (customer).
http://triyani.wordpress.com/2009/06/26/biaya-promosi-dan-penjualan-menurut-pajak/
Pengertian Biaya diluar Usaha
Hasil-hasil yang diperoleh diluar operasi pokok perusahaan, yang diikuti dengan biaya-biaya yang terjadi diluar usaha pokok perusahaan. Contohnya :

Biaya Bunga
Jumlah kumulatif dari jumlah bunga yang dibayar atas pinjaman oleh peminjam.
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.investopedia.com/terms/i/interest_cost.asp
Pengertian Modal Pemilik
Sejumlah uang yang ditanamkan dalam satu perusahaan yang berjalan oleh pemilik atau para pemilik; dana yang diinvestasikan tidak saja dana awal, tetapi termasuk pula keuntungan yang ditahan dan cadangan (proprietary’s stake)
Pengertian Modal disetor
Modal yang telah disetor secara efektif oleh pemiliknya. Contohnya :
Modal Saham Biasa
Suatu sertifikat atau piagam yang memiliki fungsi sebagai buku pemilikan suatu perusahaan dengan berbagai aspek-aspek penting bagi perusahaan. Pemilik saham akan mendapatkan hak untuk menerima sebagian pendapatan tetap / deviden dari perusahaan serta kewajiban menanggung resiko kerugian yang diderita perusahaan
Agio Modal Saham Biasa
Secara sederhana, agio saham dapat didefinisikan sebagai selisih antara harga nominal dengan harga perdana. Jadi, jika diketahui harga nominal suatu perusahaan yang menjual sahamnya Rp. 1.000, kemudian penjamin emisinya berhasil menjual saham tersebut di pasar perdana Rp. 10.000, ini berarti emiten mendapat agio saham Rp. 9.000 atau 9 kali,

Jika kalian ingin mendownloadnya, klik link dibawah ini :

Tidak ada komentar: