Translate

Sabtu, 24 Maret 2012

TUMPUKAN ( STACK )

  1. Maksud
    Memberikan pemahaman tentang tipe data tumpukan beserta operasinya
  2. Tujuan
    Agar dapat menggunakan tipe data tumpukan ( stack ) serta operasi-operasi yang dapat dilakukan dengan tipe data tersebut
TEORI
Secara sederhana tumpukan bisa diartikan sebagai suatu kumpulan data yang seolah-olah ada data yang diletakkan diatas data lain. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kita bisa menambahkan ( menyiapkan ) data, mengambil ( menghapus ) data lewat ujung yang sama, yang disebut sebagai ujung atas tumpukan ( pop of stack ).
IMPLEMENTASIKAN TUMPUKAN DENGAN LARIK
Penyajian tumpukan bisa menggunakan lari array [] walaupun penyajian dengan larik sudah tertentu ( statis ) sedangkan pada tumpukan, banyaknya elemen bisa sangat bervariasi ( dinamis ). Meskipun demikian, larik bisa digunakan dengan anggapan bahwa banyaknya elemen maksimal dari tumpukan tersebut tidak akan melebihi batas maksimal dari banyaknya elemen dalam larik.

Deklarasi tumpukan bisa menggunakan tipe data terstruktur yaitu tipe rekaman ( record ) yang terdiri dari 2 medan. Medan Pertama, berisi larik untuk menyimpan elemen tumpukan yang bertipe, sedang medan kedua bertipe Integer untuk mencatat posisi ujung tumpukan, sebagai berikut : "???"



Tidak ada komentar: