CHAPTER 1
PENDAHULUAN

Bahasa pemrograman php saat ini sudah menjadi bahasa pemrograman yang tidak asing lagi bagi para pelajar. Bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server ini cukup menarik minat programmer, banyak programmer maupun developer yang ikut memberikan konstribusinya untuk memberikan berbagai kemudahan dalam membuat aplikasi maupun sistem informasi berbasis web seperti CMS, LMS, Framework dan lain sebagainya.
Pembuatan aplikasi/sistem informasi berbasis website tersebut tidak terlepas juga dari text editor yang mendukung kemudahan dalam pengetikan skrip atau pun kode bagi programmer. Adobe Dreamweaver merupakan text editor yang sudah tidak asing lagi bagi programmer maupun developer. Dengan beragam kemudahan dan kelebihan yang dimiliki Dreamweaver ini menarik para pengguna bagi dari pemula maupun tingkat mahir.
Adobe Dreamweaver menyediakan formula-formula khusus untuk memudahkan penggunanya, baik dari bantuan tampilan yang menarik maupun dari tools wizard yang disediakan. Buku ini akan membahas sebagian dari tools wizard yang dimiliki Adobe Dreamweaver dan sangat bermanfaat bagi pemula dalam pembuatan web sederhana.



PERSIAPAN APLIKASI
Sebelum mengikuti tutorial-tutorial yang ada pada buku ini, disarankan bagi para pembaca untuk mempersiapkan aplikasi yang dibutuhkan agar berjalan dengan baik dan lancar. Adapun persiapan aplikasi yang direkomendasikan sebagai berikut:


1. Text Editor : Adobe Dreamweaver CS3 / CS6
2. Browser : Google Chrome (disarankan) / Mozila Firefox yang terbaru
3. Web Server : memakai Apache dan DBMS MySQL aplikasi paket dari XAMPP ver.3.2.1
4. WinRar
5. OS : Windows 7 atau versi di atasnya.

Penting!

1. Selama mengikuti tutorial, pembaca diharapkan membaca secara berurut sesuai dengan chapter. Hal tersebut disarankan karena setiap chapter memiliki keterkaitan dengan chapter yang sebelum atau sesudahnya.
2. Apabila terjadi kesalahan atau error dalam mengikuti tutorial, pastikan terlebih dahulu Anda telah mengetik koding dengan benar tanpa kehilangan karakter-karakter karena setiap bahasa pemrograman memiliki kesensitifan masing-masing baik dari titik koma, tanda petik 1 dan 2 maupun pemberian spasi juga akan mempengaruhi compilasi program tersebut.
3. Khusus untuk tutorial yang menggunakan tools wizard, apabila terjadi kesalahan jangan ragu untuk menghapus file tersebut lalu diulang kembali dengan file baru.
4. Sebagian berkas telah disediakan dalam bonus CD buku ini, sehingga mempermudah pembaca dalam mengikuti tutorial yang ada.